Header Ads

Fakta tentang Getuk Lindri

Sumber Pribadi

Salah satu makanan tradisional dari orang Jawa adalah makanan yang dimasak dengan bahan dasar ketela pohon atau sering disebut singkong. Dari singkong kita memang bisa membuat berbagai macam jenis makanan yang menggugah selera. Apalagi, singkong memiliki kandungan yang hampir sama dengan bahan makanan pengganti nasi. Sehingga masyarakat bisa mengganti nasi dengan singkong apabila terjadi kelangkaan beras. Maka dari itu, singkong adalah bahan alternatif terbaik yang bisa di masak menjadi masakan yang enak. 

Nah, Makanan yang sering dibuat salah satunya adalah Getuk Lindri. 
Pernah makan getuk lindri? atau malah kalian baru pernah mendengarnya?

Kali ini saya akan membahas beberapa fakta penting dari getuk lindri. Faktanya adalah ... 



1. Getuk lindri itu dari singkong atau ketela pohon. Seperti yang saya sampaikan tadi, bahwa getuk lindri dominan dari singkong. Singkong yang di kupas kemudian di kukus atau lewat perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Dan untuk penyajian biasanya di taburi dengan parutan kelapa. 

2. Getuk lindri biasanya rasanya manis. Saat pencampuran bahan getuk lindri di beri tambahan pemanis alami atau biasanya menggunakan gula jawa. Sesuai selera.

3. Getuk lindri biasanya dijual berkeliling atau dijual di pasar. Getuk lindri cocok untuk cemilan atau menjadi tambahan snack pada acara tertentu.

4. Getuk lindri itu mengenyangkan.

Selain nasi, bahan makanan yang mengandung karbohidrat adalah singkong. Sangat pas sekali digantikan dengan nasi apabila ingin variasi dalam makanan atau memang terjadi kelangkaan bahan makanan beras. 

5. Getuk lindri harganya pas dikantong.

Beli getuk tidak akan membuat kantong kita bocor. Yuk beli atau buat getuk lindri sendiri. Resepnya banyak bertebaran di internet. 

6. Getuk lindri biasanya ditemukan di daerah Jawa Tengah atau di Jawa Timur. 

7. Getuk tidak hanya dari singkong, bisa dibuat dari bahan ubi rambat, talas ataupun pisang.


  Demikian fakta-fakta dari getuk lindri. Sangat menarik dan sangat mengundang selera untuk menyicipi. Mari lestarikan makanan asli Indonesia!

No comments